Kawasan Sungai Cimerah di Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Berpeluang Jadi Objek Wisata Alam

Kurang Piknik com – Kabutapen Tasikmalaya memang Kaya akan Sumber Daya Alam yang unik dan menarik. Hamparan pesawahan yang (masih) Luas (2021), Sungai Alami dari sumber Mata Air Pegunungan yang jumlahnya puluhan, serta Area Tanaman Hutan yang masih boleh dibilang Luas (Cigalontang).

Di Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna, tepatnya di Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, ada aliran Sungai Alami dengan lebar sungai sekitar 10 meter. Dimana sumber mata air sungai tersebut adalah dari Air Pegunungan Gunung Galunggung. Sungai itu dikenal warna dengan sebutan Sungai Cimerah, tapi air nya sih tidak berwarna merah, biasa saja, kadang coklat kadang juga jernih.

Pada dahulu kala, Air Sungai Cimerah memang jernih, itu adalah informasi dari masyarakat disana yang usianya sudah Lanjut Usia dimana mereka pernah merasakan dan melihat sendiri betapa jernihnya air sungai Cimerah, tetapi saat ini, airnya tidak sejernih jaman dahulu, airnya sekarang agak ke coklat-coklatan keruh, tapi kadang juga memang suka ada jernihnya. Air keruh bersumber dari air limpahan pesahan dan air dari selokan-selokan kecil perkampungan di Hulu sana, dan dari macam-macam polusi air lainnya, seperti misalnya dari Peternakan (Hewan Ternak) yang dikelola penduduk di pinggir Sungai Cimerah di Hulu sana. dan dari aktifitas perikanan ketika sedang panen ikan (Sunda: Ngabedahkeun Balong/Kolam).

Saya melihat bahwa sekeliling Sungai Cimerah yang ada di lokasi Kampung Leuwiseeng, Sukaherang, Singaparna itu sangat indah karena sisi-sisinya masih alami pesawahan penduduk. dan juga jika di bangun bangunan pun tetap saja terlihat indah, asalkan penataan ruang dan halaman bangunan terebut benar-benar ditata dengan professional agar rapi dan bersih serta enak dipandang.

Dan ya, ini adalah cocok untuk dijadikan objek wisata alam. Tinggal mau tidaknya, semua elemen disini untuk berani meng GOL kan nya.

Jadi, jika Kawasan Sungai Cimerah di Desa Sukaherang ini adalah sudah dijadikan tempat wisata, maka akan banyak berdampak positif terhadap sisi perekonomian warga sekitar, walaupun memang setiap hal itu ada sisi baik dan sisi tidak baiknya, tinggal bagaimana pengurus meminimalisir, atau syukur-syukur mampu mengatasi dampak-dampak negatifnya dari keberadaan objek wisata dimaksud. Semua bisa diatur jika kita serius mengelolanya.

Ini adalah idea saya saja, dan belum tentu warga lain disini setuju dengan idea saya ini. Bahwasannya saya sangat mendukung jika Kawasan Sungai Cimerah di Kampung Leuwiseeng Desa Sukaherang Kec. Singaparna Tasikmalaya ini menjadi Objek Wisata Alam.

Tulisan ini dimuat di blog ini pada tanggal 25 Maret 2021, Khusus untuk dimuat di Blog ini KurangPiknik.com.

Salam Wisata,

Pipi Pirmansyah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Terbuka
Pemilik & Pengelola Blog KurangPiknik.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *